Selasa, 06 November 2012

arti seorang guru


ARTI SEORANG GURU….!!!!!!!

Orang yang mengajar  dapat kita kenali dengan sebutan Guru .
Perkataan guru adalah hasil gabungan dua suku kata yaitu `Gur’ dan `Ru’. Dalam bahasa jawa, Gu diambil daripada perkataan “gugu” yang mempunyai boleh dipercayai. Sedangkan Ru diambil dari perkataan tiru yang bermaksud boleh diteladani atau dicontohi.
Jabatan seorang Guru adalah sebagai suatu Profesi.  Jabatan guru juga dapat dikatakan sebuah profesi karena menjadi seorang guru  harus memiliki suatu keahlian tertentu , Misalnya: mengajar, mengelola kelas, dan merancang pengajaran. dan dari pekerjaan ini seseorang dapat memiliki nafkah bagi kehidupan selanjutnya.
 Dimataku menjadi seorang guru itu pekerjaan yang sangat mulia. Beliau mendidik manusia, dari yang tidak tahu menjadi  tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, itu salah satu pekerjaan yang sangat hebat !!!. Kalau pengetahuan itu terus digunakan oleh muridnya, bukankah jadi ilmu yang bermanfaat – yang pahalanya terus mengalir dunia-akhirat ?
Di lain pihak profesi guru juga disebut sebagai profesi yang luhur. Dalam hal ini, perlu kita disadari bahwa seorang guru dalam melaksanakan profesinya beliu dapat dituntut dengan adanya budi luhur dan akhlak yang tinggi, Misalnya  dalam perkataannya, perbuatannya, tingkah lakunya, pakaiannya, amalannya dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar