RENCANA PERANGKAT PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MIN Surabaya
Tema :
Ringan
Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul
Kelas
/ semester : III
Alokasi
waktu : 2 x 35 Menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain Keterampilan
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
1. SBDP
3.3 Memahami gerak kuat dan
lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
2. PJOK
3.1 Mengetahui kebutuhan tidur dan istirahat
untuk menjaga kesehatan
3. MATEMATIKA
3.4 Menemukan
sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat
atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda
konkrit
C. Indikator
Pencapaian
1. SBDP
a.
Menunjukkan
gerak-gerak kuat dalam tari
b.
Membedakan
gerak-gerak lemah dalam tari
c.
Membedakan
gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan
2. PJOK
a.
Mendeskripsikan kebutuhan tidur dan istirahat
untuk menjaga kesehatan
b.
Menjelaskan kebutuhan tidur dan istirahat untuk
menjaga kesehatan
3. MATEMATIKA
a.
Mengidentifikasi sifat simetri pada
bangun datar dari benda-benda yang ada di sekitar
b.
Menentukan simteri lipat yang dimiliki
oleh sebuah bangun datar
c.
Menentukan banyaknya simteri putar yang
dilmiliki sebuah bangun datar
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
menyanyikan lagu Bangun Tidur siswa
dapat menujukkan pola irama rata dengan tepat
2.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menunjukkan metrum
birama enam dengn tepat
3.
Setelah
mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mencontohkan pola irama rata dan
bervariasi lagu bertanda birama enam dengan tepat
4.
Setelah berdiskusi siswa dapat, mendeskripsikan
kebutuhan tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan dengan tepat
5.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan kebutuhan tidur dan istirahat untuk
menjaga kesehatan dengan tepat
6.
Melului lagu Topi Saya Bundar, siswa dapat mengidentifikasi sifat simetri pada
bangun datar dari benda-benda yang ada di sekitar dengan tepat
7.
Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru, siswa dapat enentukan simteri lipat yang dimiliki oleh sebuah bangun
datar dengan tepat
8.
Setelah berdiskusi siswa dapat, menentukan
banyaknya simteri putar yang dilmiliki sebuah bangun datar dengan tepat
E. Materi
(Terlampir 1)
·
Gerak kuat dan lemah dalam tari
·
Kebutuhan
tidur dan istirahat
·
Simetri bangun datar
F. Langkah
– Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah- Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengondisikan siswa agar
tertib, dengan mengatur posisi tempat duduk siswa dan mengecek kerapian
seragam siswa.
2.
Guru memberikan salam, dengan
mengucapkan “Assalamualaikum
Warrahmatullahiwabarokatuh”.
3.
Guru mengajak siswa berdo’a
bersama, dengan membaca “Bismillahirahmanirrahim”
secara serempak.
4.
Guru menanyakan kabar siswa,
dengan menanya “Bagaimana kabarnya hari ini ?”.
5.
Guru mengecek kehadiran siswa,
dengan absensi kelas.
6.
Guru menanyakan materi pada minggu
sebelumnya.
7.
Guru mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
8.
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa bersma guru menyanyi sambil menari dengan
menggunakan lagu Bangun Tidur dan lagu
topi saya bundar
2. siswa dan guru bertanya jawab mengenai lagu
tersebut. Apakah dalam menari kita
harus mengikuti irama ? kalau iya, kita harus menggunakan apa?
Apakah gerakan kuat atau lemah ?
3. siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai gerak
lemah dan kuat
4. siswa membentuk menjadi 4 kelompok
5. secara berkelompo siswa mengerjakan soal yang
diberikan oleh guru mengenai gerak lemah dan gerak kuat (terlampir2)
6. Siswa dan guru bertanya jawab :
apa yang kalian rasakan setelah melakukan gerakan
tadi ?
apa kalian merasa capek ?
kalau terasa capek apa yang kalian lakukan ?
istirahat dalam bentuk apa?
7. Siswa mengerjakan lembar evaluasi yang diberikan
oleh guru tentang mengidentifikasi kebutuhan tidur dan istirahat untuk
menjaga kesehatan (terlampir 3)
8. Siswa mengumpulkan lembar evaluasi
9. Siswa dan guru menyanyikan kembali lagu topi saya
bundar secara bersama-sama.
10. Setalah bernyanyi guru bertanya mengenai lagu
tersebut didalam lagu topi saya bundar,
terdapat kata “bundar”, dan bundan itu
lingkaran, lingkaran itu termasuk bangun apa?
11. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa : sebutkan bangun datar yang ada disekitar
kalian ?
12. Siswa mendengarkan penjelasan sedikit materi tentang
bangun datar
13. Siswa mengerjakan soal uraian yang diberikan guru tentang
menentukan simteri lipat dan Menentukan banyaknya
simteri yang dimiliki oleh sebuah bangun datar (terlampir 4)
14. Siswa mengumpulkan hasil uraian yang diberikan oleh guru sebagai tugas
portofolio.
|
45 Menit
|
Kegiatan penutup
|
1.
Siswa dan guru bersama-sama
menarik kesimpulan dari pelajaran yan telah dibahas
2.
Siswa dan guru melakukan Tanya
jawab
3.
Siswa diberi tugas rumah
4.
Guru menyampaikan materi pada
pertemuan selanjutnya
5. Guru dan
siswa mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan “Alhamdulillah” secara
bersama-sama.
6.
Guru mengucapkan salam “assalamu’alaikum warahmatullahhiwabarokatu
|
10 Menit
|
G.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku siswa
2.
Gambar
I. Penilaian
Kompetensi Dasar
1. SBDP
3.3 Memahami gerak kuat
dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
2.
PJOK
3.1 Mengetahui kebutuhan tidur dan istirahat
untuk menjaga kesehatan
3.
MATEMATIKA
3.4 Menemukan
sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat
atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda
konkrit
No
|
Indikator Kompetensi
|
Tekhnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrument
Penilaian
|
SBDP
|
||||
|
a. Menunjukkan gerak-gerak kuat dalam tari
b. Membedakan gerak-gerak lemah dalam tari
c. Membedakan gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik
sebagai iringan
|
Non Tes
(Terlampir 2)
|
Sikap dan Presentasi
|
Penilaian
sikap dan presentasi
|
PJOK
|
||||
|
a. Mendeskripsikan
kebutuhan tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan
b. Menjelaskan
kebutuhan tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan
|
Tes
(terlampir 3) |
Pilihan
Ganda & Uraian
|
·
Butir Soal Pilihan Ganda & Uraian
|
MATEMATIKA
|
||||
|
a.
Mengidentifikasi sifat simetri
pada bangun datar dari benda-benda yang ada di sekitar
b.
Menentukan simteri lipat yang
dimiliki oleh sebuah bangun datar
c.
Menentukan banyaknya simteri putar
yang dilmiliki sebuah bangun datar
|
Tes
( terlampir 4 )
|
Uraian
Portopolio
|
Butir soal
Uraian
|
Surabaya, 5 Mei
2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Novi
Hikmatus Tsani
NIP................................. NIM.
D07212025
Tidak ada komentar:
Posting Komentar